Perkembangan
IPA dan Teknologi.
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari alam dan segala isinya.
Awal dimulai ilmu pengetahuan alam pada saat manusia memperhatikan
gejala-gejala alam, mencatatnya kemudian mempelajarinya. Selanjutnya dari
peningkatan kemampuan daya pikirnya manusia mampu melakukan eksperimen untuk
membuktikan dan mencari kebeneran dari suatu pengetahuan baru.perkembangan IPA
dimulai pada zaman kuno, zaman yunani kuno seperti Thales, Phytagoras,
Plato,Aristoteles,Galileo Galilei.
Dalam
ilmu penetahuan alam setiap pengindraan yang dinyatakan dalam sebuah alat ukur
akan diubah menjadi konsep, ilmuwan tidak akan lupa menggunakan
penalaran-penalaran induktif yang berubah kepenalaran deduktif.
Dengan
berkembangnya ilmu IPA dan Teknologi para ilmuan dapat mengetahui ruang
angkasa, bahan-bahan polimer yag dihasilkan oleh industri-industri, bahan-bahan
campuran adalah bahan-bahan yang mempunyai sipat metal dan berisi
sekurang-kurangnya dua elemen.
Konsep-konsep
IPA dasar terbentuk dari keingintahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui
orang, keingintahuan itu menuntun ke arah mencari prinsip atau teori yangÂ
dapat diperoleh dari hasil pengkajian, yaitu melalui percobaan. Teknologi
dapat dibentuk dari IPA Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA, dasar dan
pengendalian alam dari IPA digunakan dalam teknologi untuk menyusun
objek-objek, membuat konstruksi di alam, dan membuat alat untuk mengendalikan
cara alam bekerja. Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat
konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan
dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Konstruksi alam dan alat mengatur
bentuk, ukuran ruang, ukuran objek, pergerakan dan interaksi objek. Objek
dengan properti dan interaksinya diatur oleh konstruksi atau alat, sehingga
menimbulkan peristiwa yang diharapkan oleh perancang teknologi.
Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya mengendalikan jamur atau bakteri. Istilah engineering dalam bahasa Inggris menunjukkan teknologi. Contohnya Soil and Water Conservation Engineering dapat diterjemahkan dengan Teknologi (Teknik) Konservasi Tanah dan Air. Dalam Biologi, penggunaan istilah engineering dan technology berbeda. Membuat tape disebut biotechnology, tetapi membuat alat pacu jantung untuk dipasang pada tubuh manusia disebut bioengineering.
Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya mengendalikan jamur atau bakteri. Istilah engineering dalam bahasa Inggris menunjukkan teknologi. Contohnya Soil and Water Conservation Engineering dapat diterjemahkan dengan Teknologi (Teknik) Konservasi Tanah dan Air. Dalam Biologi, penggunaan istilah engineering dan technology berbeda. Membuat tape disebut biotechnology, tetapi membuat alat pacu jantung untuk dipasang pada tubuh manusia disebut bioengineering.
Ciri-ciri keterkaitan IPA dengan
Teknologi :
·
Dibentuk Darai IPA dasar dan terapan
untuk merancang penyusunan objek, membuat kontruksi alam atau alat untuk
mengendalikan alam.
·
Keberlakuan umumnya sempit : hanya
untuk merancang susunan objek, kontruksi alam atau alat yang identik.
·
Aplikatif : digunakan untuk
merancang susunan objek atau alat untuk mengendalikan alam, agar menghasilkan
sesuatu. untuk ketepatan hasilnya masih perlu di ujicoba.
·
Aplikasi konsepnya menghasilkan alat
yang siap digunakan.
Konsep
teknologi menggunakan konsep IPA dasar dan terapan, contohnya adalah merancang
cara untuk membuat tanah berpori-pori, agar tanah dapat menyimpan banyak air
kohesi, misalnya dengan membenamkan kompos atau bahan organik yang lain ke
dalam tanah dengan menggunakan teknik dan perhitungan tertentu.
a.
Manfaat perkembangan IPA dan
Teknologi bagi kehidupan manusia.
Hasil
teknologi telah merasuk dalam kehidupan kebanyakan sehari-hari sedemikian rupa,
sehingga seseorang menganggapnya dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan
sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, contoh lain
misalnya;
1.
Dengan telah diketemukannya alat
komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun
jaraknya sangat jauh.
2.
Adanya alat tranportasi yang lebih
canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jauh, juga
orang dapat menjelajahi antariksa.
3.
Dengan menggunakan computer orang
dapat dengan mudah mengoreksi suatu pekerjaan dengan cepat.
b.
Perkembangan IPA dan Teknologi bagi
kehidupan manusia.
Teknologi
menempuh perkembangan amat pesat masa lalu hingga menyilaukan mata manusia,
kini orang-orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada
peradaban pada manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap
nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturan terhadap tata
linkungan sebagai keseluruhan.
Melihat
kecendrungan dari perkembangan berbagai tahap yang dialaminya, jelas bahwa
teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha
meningkatkan mutu kehidupan manusia, yakni mencukupi: bahan pangan (usaha
pengadaan pangan), membuat pangan baru, sereal berprotein tinggi, membuat
pangan baru, protein sel tunggal, pembuatan daging tiruan, penyedian sandang,
peningkatan kesehatan, penyedian energi.
Dampak
perkembangan IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia.
Dampak
positif perkembangan IPA dan Teknologi dapat dibuat macam-macam media
pendidikan, seperti OHP,Slide, Film strip, TV, Tape Recorder dan lain-lain yang
dapat mempermudah proses pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pendidikan bahasa
Indonesia untuk mempermudah penyampain materi proses pembalajaran dengan tujuan
untuk mudah dipahami oleh peserta didik. Apalagi dizaman modern ini guru
dituntut supaya menguasai teknologi.
Dengan
dibuat teknologi modern dapat dibuat bermacam-macam alat-alat tranportasi
(kapal terbang, kapal laut, alat tranportasi darat) dan sarana komunikasi
seperti pesawat telepon, telegram, satelit, radio, TV, CB dan lain-lain. Adanya
sarana komunikasi seperti radio, TV dapat mendukung mudah tersebar luasnya
kebudayaan dan informasi mengenai kejadian-kejadian di daerah lain. Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia membawa dampak kemajuan bagi para
masyarakatnya. Disamping itu pula penggunaan IPA dan teknologi juga membawa
dampak semangat juang bangsa. Mereka memanfaatkan IPA dan teknologi modern
untuk mencari informasi mengenai keadaan masyarakatnya. Oleh karena itu
masyarakat pun benar-benar terbantu dengan perkembangan IPA dan teknologi
IPA
dan Teknologi juga berdampak pada bahasa dan sastra yang digunakan oleh para
masyarakat dengan bertambah wawasan bahasanya, yang cukup meluap dari bahasa
satu kebahasa lainnya. Kemajuan IPA dan Teknologi dapat memenuhi kehidupan
sosial karena status seorang warga tidak lagi didasarkan pada keturunan
melainkan pada keahlian dalam penguasaan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Sedangkan
dampak negatif yang terjadi pada bahasa dan sastra Indonesia dari IPA dan
Teknologi, terjadinya pencemaran bahasa yang menghasilkan bahasa gaul atau
bahasa sms, pemakaian teknologi modern cenderung mengasingkan manusia dari
keberadaan sebenarnya, mengakibatkan pembatasan kebebasan terhadap manusia
dalam penggunaan bahasa dan sastra Indonesia. IPA dan Teknologi juga menjadi
alat pemisah antar manusia, cenderung mempercepat tempo perkembangan dalam
masyarakat, sehingga berkembang secara cepat dan mudah. Pengaruhnya pun
tinggi terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan adanya alat canggih para
masyarakat yang mengenal alat tersebut sebagian mengabaikan penggunaan bahasa
dan sastra Indonesia dalam komunikasi dipandang merosot karena ada alat yang
dianggap lebih unik dari berbahasa.
Konsep Ilmu dan
Teknologi
·
Teknologi adalah aplikasi dari ilmu.
·
Teknologi diciptakan karena adanya ilmu pengetahuan
·
Teknologi menjadikan ilmu pengatahuan dapat bermanfaat bagi umat
manusia
·
IPA utama: matematika, fisika, kimia, biologi, kemudian dari
keempat tersebut berkembang menjadi berbagai macam ilmu multidisipliner. Bahkan
saat ini telah berkembang ilmu-ilmu yang sebelumnya tidak pernah dikenal dengan
menggabungkan dari keempat-empatnya.
Fisika dan Perkembangannya
1. Materi
dan Energi
§ Materi:
sebagai zat yang berbobot, menempati ruang, bermasa dapat dilihat dan diraba.
§ Materi
dan energi berkaitan.
§ Energi
merupakan penggerak materi.
§ Energi
bentuknya bermacam-macam, tidak tampak, tetapi akibatnya dapat dirasakan
§ Energi
mulai dipikirkan manusia ketika manusia mengkaji tentang gerak.
§ Energi
dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain
§ Konsep
tentang energi ternyata berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat diubah menjadi
energi dan sebaliknya. Konsep ini melahirkan energi nuklir.
§ Bagaimana
mengukur pengaruh suatu gaya?
§ Untuk
gerak benda berkecepatan rendah→F = m.a. (Hukum mekanika newton)→mekanika
klasik.
§ Untuk
benda bergerak sangat cepat, mendekati kecepatan cahaya→Hukum relativitas
Einstein.
§ Sejak
Albert Einstein mengemukakan teori relativitas membawa dampak yang nyata pada
perkembangan IPA dan fisika pada khususnya.
§ Fisika
klasik: memulai dari eksperimen kemudian disusun teori.
§ Fisika
modern: memulai dengan penelaahan model matematis kemudian diuji melalui
eksperimen.
2. Cahaya
dan Energi
§ Apakah
cahaya bersifat gelombang atau materi?
§ Berdasarkan
efek foto listrik: cahaya bersifat kembar: materi dan gelombang.
§ Efek
foto listrik: cahaya dipancarkan pada keping katode dalam tabung hampa dan
dihubungkan dengan tegangan searah maka akan tampak adanya arus yang mengalir
dalam rangkaian tersebut.
§ Teknologi
efek foto listrik bermanfaat sebagai penanda misalnya untuk TV.
§ Louis
de Broglie (1924) mengajukan hipotesis bahwa materi dapat bersifat gelombang. Hipotesis
ini dapat dibuktikan oleh Davisson dan Germer (1927), yaitu dengan memanaskan
elektron pada tabung hampa dan memberi tegangan 54 volt.
§ Elektron
dapat bersifat materi dan gelombang
§ Temuan
ini menghantarkan pada penemuan mikroskop elektron.
§ Mikroskop
cayaha: perbesaran sudut penglihatan adalah karena mengubah kekuatan lensa
objektif dan lensa okuler, tetapi daya urainya ditentukan oleh cahaya. Daya
urai adalah jarak minimum dua titik terisah, bukan berhimpit.
§ Cahaya
panjang gelombangnya 4000 X 10-10meter.
§ Panjang
gelombang ini tidak mampu menembus benda-benda atau celah benda yang terpisah
lebih kecil dari panjang gelombang tersebut.
§ Elektron
memiliki panjang gelombang 1,65 X 10-10meter. Karena dapat besifat gelombang
maka elektron dapat digunakan sebagai pengganti cahaya dalam mikroskop
elektron.
Kimia dan
Perkembangannya
·
Masyarakat
primitif tidak bisa mengatasi kekuatan-kekuatan alam
seperti wabah penyakit, gempa, banjir dan lain-lain sehingga memuja penyebab
fenomena alam.
·
Abad pertengahan beralih kepada mistik yang dapat
mengubah/mengendalikan alam, termasuk mengubah tembaga menjadi emas.
·
Kimia berasal dari bahasa Arab: Al-Kimiya = tanah hitam yang
mengendap di sungai Nil.
·
Abad 2 H (ke 6 M) Jabir Ibn Hayyan menulis buku tentang Al-Kimiya
dan menetapkan disiplin ini untuk pertama kalinya di dunia.
·
Abad ke-3 H (7 M): Muhammad Ibn Zakariya Al Razi memisahkan
Al-Kimiya dengan Kimiya.
·
Akhir abad ke-17; Antoine Lauzent Lavoisier melakukan penyelidikan
secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti timbal, besi, timah dan
sebagainya. Ternyata hasil pembakaran mempunyai massa lebih besar dari zat
semula yang dibakar, sedangkan tekanan udara berkurang.
·
Lavoiser membakar air raksa dengan udara dengan volume tertentu
mendapat sedangkan volume udaranya berkurang sebanyak apa yang didapatkan serbu
merahnya.
·
Lavoiser berkesimpulan: pembakaran adalah sesuatu zat dari udara.
·
Zat dari udara tersebut disebut sebagai OKSIGEN.
·
Kesimpulan: pembakaran adalah suatu peristiwa persenyawaan dengan
oksigen dari udara.
·
Materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai berat dan
mempunyai sifat dapat dirasai.
·
Salah satu sifat materi yang digunakan untuk membedakan dengan
materi lainnya adalah massa jenisnya.
·
Massa jenis masing-masing materi khas masing-masingnya. Materi
hanya dpt berubah menjadi materi lainnya, tetapi massanya tetap (Hukum
kekekalan zat).
·
Matematika berperan dalam kimia, terutama dalam bilangan -
bilangan pada aspek teoritis maupun praktis seperti BA, BR, BM, hokum perbandingan
tetap, hukum kelipatan dan persamaan reaksi memerlukan hubungan matematika.
·
Perkembangan ilmu kimia menjadi pesat setelah menggunakan metode
ilmiah yang tak pula terlepas dari matematika.
·
Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu lainnya kita dapat
memperoleh hasil, seperti:
-
Penggunaan teknik kimia, orang mendirikan industri kimia→pabrik
bahan-bahan kimia.
-
Penggunaan teknologi nuklir→reaktor nuklir.
-
Penggunaan teknik mekanika→mesin, dll.
-
Penggunaan teknik penerbangan.
-
Penggunaan teknologi kehutanan.
IPA Klasik dan IPA Modern
·
Abad 20 terjadi peralihan konsep IPA, dari klasik ke Modern.
·
IPA Klasik:
-
Diturunkan dari sistem makrokospis baik dalam konsep mekanika,
termodinamika, listrik, magnit dll. mekanika newton atau mekanika klasik.
·
IPA Modern:
-
Diturunkan dari sistem mikrokospis, yaitu sistem yang mempelajari
skala-skala kecil: molekul, atom, elektron, dll.
-
Mampu mengkaji efek foto listrik, spektrum atom, radiasi benda
hitam, dll.
Hubungan IPA & Teknologi
·
Hubungan tidak langsung:
-
Abad 13 – 19
-
Sebelum itu, teknologi dikembangkan berdasarkan kaidah pengalaman.
Teknologi masih berdiri sendiri.
-
Mesin uap, temuannya ilmiah tetapi praktik pembuatannya tidak
melibatkan ilmuwan.
·
Hubungan langsung
-
Setelah revolusi industri, pengaruh IPA sangat nyata terhadap
teknologi.
-
Abad 20 berkembang pesat dan melahirkan IPTEK modern: pemodelan,
dll.
·
Contoh:
abad 19 – 20, bahan-bahan kimia dan obat-obatan dari bahan-bahan alami, setelah
abad 20 bahan-bahan kimia dan obat-obatan dibuat secara sintetis atau dari
bahan-bahan petrolium krn telah mengetahui struktur kimiawinya.
·
Material:
-
Sifat
mekanis: polimer, keramik
·
Teknologi
struktural, energi, transportasi
-
Sifat
listrik magnit: sifat-sifat optik
·
Teknologi
energi, transportasi, komputer, komunikasi
0 komentar:
Posting Komentar