Home » » tugas

tugas

Written By Unknown on Rabu, 13 Juni 2012 | 10.33


Perkembangan IPA dan Teknologi.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari alam dan segala isinya. Awal dimulai ilmu pengetahuan alam pada saat manusia memperhatikan gejala-gejala alam, mencatatnya kemudian mempelajarinya. Selanjutnya dari peningkatan kemampuan daya pikirnya manusia mampu melakukan eksperimen untuk membuktikan dan mencari kebeneran dari suatu pengetahuan baru.perkembangan IPA dimulai pada zaman kuno, zaman yunani kuno seperti Thales, Phytagoras, Plato,Aristoteles,Galileo Galilei.

Dalam ilmu penetahuan alam setiap pengindraan yang dinyatakan dalam sebuah alat ukur akan diubah menjadi konsep, ilmuwan tidak akan lupa menggunakan penalaran-penalaran induktif yang berubah kepenalaran deduktif.

Dengan berkembangnya ilmu IPA dan Teknologi para ilmuan dapat mengetahui ruang angkasa, bahan-bahan polimer yag dihasilkan oleh industri-industri, bahan-bahan campuran adalah bahan-bahan yang mempunyai sipat metal dan berisi sekurang-kurangnya dua elemen.

Konsep-konsep IPA dasar terbentuk dari keingintahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui orang, keingintahuan itu menuntun ke arah mencari prinsip atau teori yang dapat diperoleh dari hasil pengkajian, yaitu melalui percobaan. Teknologi dapat dibentuk dari IPA Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA, dasar dan pengendalian alam dari IPA digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek-objek, membuat konstruksi di alam, dan membuat alat untuk mengendalikan cara alam bekerja. Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Konstruksi alam dan alat mengatur bentuk, ukuran ruang, ukuran objek, pergerakan dan interaksi objek. Objek dengan properti dan interaksinya diatur oleh konstruksi atau alat, sehingga menimbulkan peristiwa yang diharapkan oleh perancang teknologi.
Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya mengendalikan jamur atau bakteri. Istilah engineering dalam bahasa Inggris menunjukkan teknologi. Contohnya Soil and Water Conservation Engineering dapat diterjemahkan dengan Teknologi (Teknik) Konservasi Tanah dan Air. Dalam Biologi, penggunaan istilah engineering dan technology berbeda. Membuat tape disebut biotechnology, tetapi membuat alat pacu jantung untuk dipasang pada tubuh manusia disebut bioengineering.

Ciri-ciri keterkaitan IPA dengan Teknologi :
·         Dibentuk Darai IPA dasar dan terapan untuk merancang penyusunan objek, membuat kontruksi alam atau alat untuk mengendalikan alam.        
·         Keberlakuan umumnya sempit : hanya untuk merancang susunan objek, kontruksi alam atau alat yang identik.           
·         Aplikatif : digunakan untuk merancang susunan objek atau alat untuk mengendalikan alam, agar menghasilkan sesuatu. untuk ketepatan hasilnya masih perlu di ujicoba.
·         Aplikasi konsepnya menghasilkan alat yang siap digunakan.
Konsep teknologi menggunakan konsep IPA dasar dan terapan, contohnya adalah merancang cara untuk membuat tanah berpori-pori, agar tanah dapat menyimpan banyak air kohesi, misalnya dengan membenamkan kompos atau bahan organik yang lain ke dalam tanah dengan menggunakan teknik dan perhitungan tertentu.
a.          Manfaat perkembangan IPA dan Teknologi bagi kehidupan manusia.
Hasil teknologi telah merasuk dalam kehidupan kebanyakan sehari-hari sedemikian rupa, sehingga seseorang menganggapnya dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, contoh lain misalnya;
1.         Dengan telah diketemukannya alat komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh.
2.         Adanya alat tranportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jauh, juga orang dapat menjelajahi antariksa.
3.         Dengan menggunakan computer orang dapat dengan mudah mengoreksi suatu pekerjaan dengan cepat.

b.         Perkembangan IPA dan Teknologi bagi kehidupan manusia.
Teknologi menempuh perkembangan amat pesat masa lalu hingga menyilaukan mata manusia, kini orang-orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban pada manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturan terhadap tata linkungan sebagai keseluruhan.

Melihat kecendrungan dari perkembangan berbagai tahap yang dialaminya, jelas bahwa teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia, yakni mencukupi: bahan pangan (usaha pengadaan pangan), membuat pangan baru, sereal berprotein tinggi, membuat pangan baru, protein sel tunggal, pembuatan daging tiruan, penyedian sandang, peningkatan kesehatan, penyedian energi.

Dampak perkembangan IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia.

Dampak positif perkembangan IPA dan Teknologi dapat dibuat macam-macam media pendidikan, seperti OHP,Slide, Film strip, TV, Tape Recorder dan lain-lain yang dapat mempermudah proses pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pendidikan bahasa Indonesia untuk mempermudah penyampain materi proses pembalajaran dengan tujuan untuk mudah dipahami oleh peserta didik. Apalagi dizaman modern ini guru dituntut supaya menguasai teknologi.

Dengan dibuat teknologi modern dapat dibuat bermacam-macam alat-alat tranportasi (kapal terbang, kapal laut, alat tranportasi darat) dan sarana komunikasi seperti pesawat telepon, telegram, satelit, radio, TV, CB dan lain-lain. Adanya sarana komunikasi seperti radio, TV dapat mendukung mudah tersebar luasnya kebudayaan dan informasi mengenai kejadian-kejadian di daerah lain. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia membawa dampak kemajuan bagi para masyarakatnya. Disamping itu pula penggunaan IPA dan teknologi juga membawa dampak semangat juang bangsa. Mereka memanfaatkan IPA dan teknologi modern untuk mencari informasi mengenai keadaan masyarakatnya. Oleh karena itu masyarakat pun  benar-benar terbantu dengan perkembangan IPA dan teknologi
IPA dan Teknologi juga berdampak pada bahasa dan sastra yang digunakan oleh para masyarakat dengan bertambah wawasan bahasanya, yang cukup meluap dari bahasa satu kebahasa lainnya. Kemajuan IPA dan Teknologi dapat memenuhi kehidupan sosial karena status seorang warga tidak lagi didasarkan pada keturunan melainkan pada keahlian dalam penguasaan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Sedangkan dampak negatif yang terjadi pada bahasa dan sastra Indonesia dari IPA dan Teknologi, terjadinya pencemaran bahasa yang menghasilkan bahasa gaul atau bahasa sms, pemakaian teknologi modern cenderung mengasingkan manusia dari keberadaan sebenarnya, mengakibatkan pembatasan kebebasan terhadap manusia dalam penggunaan bahasa dan sastra Indonesia. IPA dan Teknologi juga menjadi alat pemisah antar manusia, cenderung mempercepat tempo perkembangan dalam masyarakat, sehingga berkembang secara cepat dan mudah. Pengaruhnya pun  tinggi terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan adanya alat canggih para masyarakat yang mengenal alat tersebut sebagian mengabaikan penggunaan bahasa dan sastra Indonesia dalam komunikasi dipandang merosot karena ada alat yang dianggap lebih unik dari berbahasa.

Konsep Ilmu dan Teknologi
·         Teknologi adalah aplikasi dari ilmu.
·         Teknologi diciptakan karena adanya ilmu pengetahuan
·         Teknologi menjadikan ilmu pengatahuan dapat bermanfaat bagi umat manusia
·         IPA utama: matematika, fisika, kimia, biologi, kemudian dari keempat tersebut berkembang menjadi berbagai macam ilmu multidisipliner. Bahkan saat ini telah berkembang ilmu-ilmu yang sebelumnya tidak pernah dikenal dengan menggabungkan dari keempat-empatnya.

Fisika dan Perkembangannya
1. Materi dan Energi
§  Materi: sebagai zat yang berbobot, menempati ruang, bermasa dapat dilihat dan diraba.
§  Materi dan energi berkaitan.
§  Energi merupakan penggerak materi.
§  Energi bentuknya bermacam-macam, tidak tampak, tetapi akibatnya dapat dirasakan
§  Energi mulai dipikirkan manusia ketika manusia mengkaji tentang gerak.
§  Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain
§  Konsep tentang energi ternyata berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat diubah menjadi energi dan sebaliknya. Konsep ini melahirkan energi nuklir.
§  Bagaimana mengukur pengaruh suatu gaya?
§  Untuk gerak benda berkecepatan rendah→F = m.a. (Hukum mekanika newton)→mekanika klasik.
§  Untuk benda bergerak sangat cepat, mendekati kecepatan cahaya→Hukum relativitas Einstein.
§  Sejak Albert Einstein mengemukakan teori relativitas membawa dampak yang nyata pada perkembangan IPA dan fisika pada khususnya.
§  Fisika klasik: memulai dari eksperimen kemudian disusun teori.
§  Fisika modern: memulai dengan penelaahan model matematis kemudian diuji melalui eksperimen.
2. Cahaya dan Energi
§  Apakah cahaya bersifat gelombang atau materi?
§  Berdasarkan efek foto listrik: cahaya bersifat kembar: materi dan gelombang.
§  Efek foto listrik: cahaya dipancarkan pada keping katode dalam tabung hampa dan dihubungkan dengan tegangan searah maka akan tampak adanya arus yang mengalir dalam rangkaian tersebut.
§  Teknologi efek foto listrik bermanfaat sebagai penanda misalnya untuk TV.
§  Louis de Broglie (1924) mengajukan hipotesis bahwa materi dapat bersifat gelombang. Hipotesis ini dapat dibuktikan oleh Davisson dan Germer (1927), yaitu dengan memanaskan elektron pada tabung hampa dan memberi tegangan 54 volt.
§  Elektron dapat bersifat materi dan gelombang
§  Temuan ini menghantarkan pada penemuan mikroskop elektron.
§  Mikroskop cayaha: perbesaran sudut penglihatan adalah karena mengubah kekuatan lensa objektif dan lensa okuler, tetapi daya urainya ditentukan oleh cahaya. Daya urai adalah jarak minimum dua titik terisah, bukan berhimpit.
§  Cahaya panjang gelombangnya 4000 X 10-10meter.
§  Panjang gelombang ini tidak mampu menembus benda-benda atau celah benda yang terpisah lebih kecil dari panjang gelombang tersebut.
§  Elektron memiliki panjang gelombang 1,65 X 10-10meter. Karena dapat besifat gelombang maka elektron dapat digunakan sebagai pengganti cahaya dalam mikroskop elektron.

Kimia dan Perkembangannya
·         Masyarakat primitif tidak bisa mengatasi kekuatan-kekuatan alam seperti wabah penyakit, gempa, banjir dan lain-lain sehingga memuja penyebab fenomena alam.
·         Abad pertengahan beralih kepada mistik yang dapat mengubah/mengendalikan alam, termasuk mengubah tembaga menjadi emas.
·         Kimia berasal dari bahasa Arab: Al-Kimiya = tanah hitam yang mengendap di sungai Nil.
·         Abad 2 H (ke 6 M) Jabir Ibn Hayyan menulis buku tentang Al-Kimiya dan menetapkan disiplin ini untuk pertama kalinya di dunia.
·         Abad ke-3 H (7 M): Muhammad Ibn Zakariya Al Razi memisahkan Al-Kimiya dengan Kimiya.
·         Akhir abad ke-17; Antoine Lauzent Lavoisier melakukan penyelidikan secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti timbal, besi, timah dan sebagainya. Ternyata hasil pembakaran mempunyai massa lebih besar dari zat semula yang dibakar, sedangkan tekanan udara berkurang.
·         Lavoiser membakar air raksa dengan udara dengan volume tertentu mendapat sedangkan volume udaranya berkurang sebanyak apa yang didapatkan serbu merahnya.
·         Lavoiser berkesimpulan: pembakaran adalah sesuatu zat dari udara.
·         Zat dari udara tersebut disebut sebagai OKSIGEN.
·         Kesimpulan: pembakaran adalah suatu peristiwa persenyawaan dengan oksigen dari udara.
·         Materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai berat dan mempunyai sifat dapat dirasai.
·         Salah satu sifat materi yang digunakan untuk membedakan dengan materi lainnya adalah massa jenisnya.
·         Massa jenis masing-masing materi khas masing-masingnya. Materi hanya dpt berubah menjadi materi lainnya, tetapi massanya tetap (Hukum kekekalan zat).
·         Matematika berperan dalam kimia, terutama dalam bilangan - bilangan pada aspek teoritis maupun praktis seperti BA, BR, BM, hokum perbandingan tetap, hukum kelipatan dan persamaan reaksi memerlukan hubungan matematika.
·         Perkembangan ilmu kimia menjadi pesat setelah menggunakan metode ilmiah yang tak pula terlepas dari matematika.
·         Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu lainnya kita dapat memperoleh hasil, seperti:
-          Penggunaan teknik kimia, orang mendirikan industri kimia→pabrik bahan-bahan kimia.
-          Penggunaan teknologi nuklir→reaktor nuklir.
-          Penggunaan teknik mekanika→mesin, dll.
-          Penggunaan teknik penerbangan.
-          Penggunaan teknologi kehutanan.

IPA Klasik dan IPA Modern
·         Abad 20 terjadi peralihan konsep IPA, dari klasik ke Modern.
·         IPA Klasik:
-          Diturunkan dari sistem makrokospis baik dalam konsep mekanika, termodinamika, listrik, magnit dll. mekanika newton atau mekanika klasik.
·         IPA Modern:
-          Diturunkan dari sistem mikrokospis, yaitu sistem yang mempelajari skala-skala kecil: molekul, atom, elektron, dll.
-          Mampu mengkaji efek foto listrik, spektrum atom, radiasi benda hitam, dll.

Hubungan IPA & Teknologi
·         Hubungan tidak langsung:
-          Abad 13 – 19
-          Sebelum itu, teknologi dikembangkan berdasarkan kaidah pengalaman. Teknologi masih berdiri sendiri.
-          Mesin uap, temuannya ilmiah tetapi praktik pembuatannya tidak melibatkan ilmuwan.
·         Hubungan langsung
-          Setelah revolusi industri, pengaruh IPA sangat nyata terhadap teknologi.
-          Abad 20 berkembang pesat dan melahirkan IPTEK modern: pemodelan, dll.
·         Contoh: abad 19 – 20, bahan-bahan kimia dan obat-obatan dari bahan-bahan alami, setelah abad 20 bahan-bahan kimia dan obat-obatan dibuat secara sintetis atau dari bahan-bahan petrolium krn telah mengetahui struktur kimiawinya.
·         Material:
-          Sifat mekanis: polimer, keramik
·         Teknologi struktural, energi, transportasi
-          Sifat listrik magnit: sifat-sifat optik
·         Teknologi energi, transportasi, komputer, komunikasi
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Info

Teks

Teks

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. havies blog's demo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger